Perkumpulan Semua Sektor Pendidikan
SARAN - SARAN

04/05/2001 - 08/06/2001 26/12/2000 - 28/04/2001 Saran-Saran Terbaru
(COMMENTS / SUGGESTIONS)
SD & SLTPSekolah MenengahPerguruan Tinggi
SUBJECT :
Saran sederhana
NATIONALITY:
indonesia
DATE LISTED:
08/06/01
COMMENTS: Saran saya: phtp.net punya banyak info yg lumayan oke. Bagaimana jika disediakan media untuk mengirim info tersebut ke email teman. Sayang kan jika info yg menarik tidak dapat dibagi ke orang lain. Trims.

Jawabannya:

Kalau Anda dan teman - teman mendaftar e-mail Anda di:

pendidikan@egroups.com
Home Pendidikan Group

Anda akan menerima berita pendidikan dan Anda bebas bekomunikasi dengan teman - teman.

CONTACT DETAILS: Nurhayati
TELEPHONE: -
ADDRESS: Jl. Patehan Wetan No.01 Yogyakarta

SUBJECT :
Penulisan artikel
NATIONALITY:
Indonesia
DATE LISTED:
02 Jun 2001
COMMENTS: Saya sangat senang adanya situs ini, karena situs ini memberikan informasi lengkap tentang dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Bagi saya yang sangat menarik adanya kesempatan untuk mengirimkan artikel di situs ini. Namun saya masih belum tahu caranya, (1) karena situs ini tidak memuat alamat e-mail pengasuh. Untuk itu saya mohon penjelasan bagaimana caranya mengirim artikel ini dan bagi penulisnya (2) apakah disediakan honorarium ? Saya mohon jawaban dikirim lewate-mail saya tersebut dan juga dalam forum ini. Terima kasih.
Lukyastrin, Yogyakarta

Jawabannya:
1. Di halaman Artikel ada Formulir dan Alamat Pos. Informasi lengkap ada di bagian Informasi Webmaster
2. Maaf! - Ref: F.A.Q. (Bag. 2).

Terima kasih banyak - Mohon pengertihan dan berpartisipasi di Pendidikan Network
Salam hangat
Phillip

CONTACT DETAILS: Dra.Lukyastirin
TELEPHONE: (OPTIONAL) (0274 ) 515869
ADDRESS: Jln.Jetis Pasiraman 11 Yogyakarta

SUBJECT :
Bahasan dan Tangapan Umum/seluruh Lapisan
NATIONALITY:
INDONESIA
DATE LISTED:
31 May 2001
COMMENTS:

Berdasarkan rangkuman dari buku pelajaran kimia maka kegiatan ini semoga ada Manfaat dan berguna bagi para pendidik untuk di kembang lanjutkan pada murid-murid disekolah lebih dari itu diharapkan dapat merangsang/meningkatkan daya Kreasi Cipta lainnya bila di Jabarkan adalah ...... :

Saran ini dipasang di bagian Artikel di Bahasan dan Tangapan Umum/seluruh Lapisan
CONTACT DETAILS: Suprapto
TELEPHONE: ( 021 ) 48702049
ADDRESS: JL.Mangun Jaya Indah I, Rt.003/02 No.19, Kp.Siluman, TAMBUN-17510, Bekasi, West Java

SUBJECT :
Mohon Bantuan - Mengadakan Studi
NATIONALITY:
Indonesia
DATE LISTED:
31/05/2001

COMMENTS: Saya saat ini tengah mengadakan studi bagi pengembangan dunia pendidikan. Karena keterbatasan sbg bukan org yg berkecimpung langsung dalam dunia pendidikan, saya mohon bantuan kepada teman-teman u/ dapat memberikan saran dan masukan ttg sektor ini. Sementara ini saya baru memiliki beberapa hipotesa permasalahan yaitu:

1. Sektor pendidikan bukan menjadi prioritas pembangunan pemerintah --> dilihat dari APBN secara historis Indonesia sangat kecil dibanding dg negara tetangga. DAn inilah yg menjadi salah satu pokok masalah.

2. Angka Partisipasi yg rendah --> dapat diakibatkan o/:
    a. Masalah ekonomi --> tingginya biaya pendidikan dibandingkan pendapatan masyarakat perkapita (saya belum dapat data mengenai berapa biaya rata-rata perdaerah per jenjang - negeri vs swasta)
    b. Diskriminasi Gender --> Di daerah masih banyak anggapan bhw perempuan tidak perlu meneruskan sekolah karena nantinya akan menjadi ibu rumah tangga. Yang menjadi prioritas adalah laki-laki krn akan menjadi pemimpin keluarga yg harus menghidupi keluarga.
    c. Kultural --> Didaerah banyak keluarga mampu tidak merasa perlu melanjutkan pendidikan anaknya karena si anak jika laki-laki secepatnya dapat membantu ayah meneruskan usaha dan yg perempuan dinikahkan pada usia muda
    d. Supply tidak merata dan tidak seimbang --> banyak didaerah tertentu terjadi penutupan sekolah(mis di Jkt beberapa SD ditutup krn gak ada murid) namun disisi lain byk kelas yg digunakan u/ menampung siswa secara berlebih shg tdk efektif dalam proses belajar mengajar.
3. Kualitas guru rendah dan tidak merata
    a. Tingkat pendidikan guru masih sangat rendah, u/ guru SD 60% masih lulusan sekolah menengah kebawah (seharusnya min PGSD), u/ SLTP 35% masih berpendidikan D2 kebawah (seharusnya min. D3), u/ SLTA 30% masih lulusan D3 kebawah (seharusnya min. S1), u/ PT 65% masih berpendidikan S1 (harusnya min. S2)
    b. Tingkat kelayakan mengajar guru rendah, mis u/ SLTP hanya 40% yg layak mengajar.
    c. Gaji guru rendah --> sehingga motivasi u/ menjadi guru rendah, byk yg menjadi guru krn tdk ada pekerjaan lain (mudah-mudahan tidak benar), sehingga inputan guru merupakan org dg kualitas "no. 2". GAji guru dibanding profesi lainnya sangat rendah dan jika dibandingkan dg negara tetangga maka gaji guru Indonesia terendah
4. Kurikulum tidak mengakomodasi pengembangan potensi anak didik
    a. Muatan kurkulum sangat berat jika dibandingkan dg negara maju (u/ sekolah dasar dan menengah)
    b. Beban pelajaran sangat banyak
    c. metode belajar mengajar tdk efektiv --> cenderung pada menghapal bukan menganalisa
    d. Tidak mengakomodasi keragaman daerah
    e. dll ????
5. Fasilitas tidak memadai
    a. Lebih dari 50% ruang kelas SD rusak ringan dan berat --> mengganggu proses belajar mengajar
    b. ketersediaan perpustakaan dan lab yg tidak merata dan sangat rendah -->SLTA = sekitar 50% memiliki lab, dan 65% memiliki perpustakaan
    c. u/ fasilitas lab bahasa dan komputer jauh lebih rendah
    d. efektivitas dan kualitas fasilitas sangat rendah --> banayk lab yg tidak digunakan/ nganggur, di beberapa tempat yg memiliki fasilitas ruang komputer diguanakn u/ kursus luar atao malah takut rusak jika digunakan

6. Desentralisasi pendidikan masih belum siap baik software maupun hardwarenya.

    a. anggaran pendidikan 19 % nya masih digunakan u/ birokrasi pendidikan
    b. partisipasi masyarakat u/ peduli pada penyelenggaraan pendidikan rendah --> pendidikan masih menjadi kewajiban pemerintah
    c. dll???

Sementara ini hipotesa permasalahan masih seperti diatas. Saya sangat berharap teman-teman mampu memberikan masukan berupa identifikasi masalah dilingkungannya atau pun saran ttg solusi penyelesaiannya.

Hasil studi ini insyaAllah akan dijadikan salah satu pertimbangan DPRRI dalam membahas REncana PEmbangunan TAhun 2002 (untuk APBN 2002)

Sekali lagi saya sangat berharap masukan teman-teman yg mengetahui secara langsung dunia pendidikan dan telah lama berkecimpung didalamnya.

Tanggapan dapat dikirim melalui alamat email berikut:
hamzahriyadi@yahoo.com
hamzahriyadi@lovemail.com
awangriyadi@hotmail.com

Saya tunggu masukan anda semua,
Terima kasih
Awang Riyadi

CONTACT DETAILS: Awang Riyadi
TELEPHONE: jam Kerja : 021-8304850 Rumah : 021-7993564
ADDRESS: Jl. Prof Dr Supomo 47, Gedung Bank Lippo lt.4

SUBJECT :
Job Vacancies for Teachers
NATIONALITY:
Canadian
DATE LISTED:
22/05/2001
COMMENTS: May I suggest an improvement to this already very useful website? Please add a place where schools can post jobs specifically available for teachers. This way schools could reach more of the teaching community when they need staff.

Comments from the Webmaster: Thanks Doug. Schools can post jobs at the Pendidikan Network site IndoStaff.Net. However, I have placed links to teaching jobs directly in the Teachers' Corner and Principals' Corner sections [ Lowongan Kerja ] and I certainly welcome comments for improvements to the IndoStaff site.

(Bahasa Indonesia)
Saran dari Webmaster: Terima kasih Pak Doug. Sekolah-sekolah dapat mendaftar lowongon-lowongan guru di situs Pendidikan Network di bagian IndoStaff.Net. Tetapi, saya sudah memasang link-link langsung ke bagian lowongan guru di bagian Pojok Guru dan Pojok KepSek dan saya selalu senang menerima saran-saran tentang cara meningkatkan gunanya situs tsb.

CONTACT DETAILS: Doug Stoltz, Manager, Sekolah Bogor Raya
TELEPHONE: 0251-378873
ADDRESS: Perumahan Danau Bogor Raya, Bogor

SUBJECT :
informasi
NATIONALITY:
indonesia
DATE LISTED:
21/05/01
COMMENTS: tolong kepda semua berikanlah lembaran informasi tentang pendidikan !!!!!!

CONTACT DETAILS: asep nurhuda
TELEPHONE: (002)7798243
ADDRESS: smu al-ma'soem

SUBJECT :
lowongan kerja
NATIONALITY:
indonesian
DATE LISTED:
18 May 2001
COMMENTS: Buat donk Link khusus lowongan kerja biar anak stm dapat tersalurkan khususnya jurusan geologi tambang

CONTACT DETAILS: M.Y. Danang Sutowijoyo Cangkok Hadikusumo ( IBENK )
TELEPHONE: 513515
ADDRESS: yogya

SUBJECT :
Merasa simpati
NATIONALITY:
Indonesia
DATE LISTED:
17.05/2001
COMMENTS: Saya terus terang merasa bangga atas "kerja sendirian" yang telah dilakukan oleh anda dan terus terang saya juga orang yang baru tahu tentang situs ini tanpa sengaja. Semoga semakin dapat dirasakan oleh para praktisi pendidikan. Maju tak gentar membela yang benar.

CONTACT DETAILS: Djasril, Drs
TELEPHONE: 726 8024-781 1408
ADDRESS: Jl. Sultan Iskandar Muda, Bungur 2/7, Jakarta Selatan

SUBJECT :
Minat Baca
NATIONALITY:
Indonesia
DATE LISTED:
Tue, 08 May 2001

COMMENTS: Untuk semua orang yang peduli akan perkembangan ketahanan mental intelektual bangsa ini.

Melalui forum ini saya ingin mengungkapkan keprihatinan saya akan rendahnya minat baca di semua kalangan masyarakat terutama generasi mudanya. Terlihat korelasi yang jelas antara minat baca dan kualitas mental intelektual suatu bangsa. Sebagai contoh di Amerika, rata-rata jumlah buku yang dibaca seorang siswa sebanyak 20-30 buku per tahun sementara di Malaysia berkisar 12 buku per tahun ( angka tersebut saya baca dari informasi sekilas, mohon dikoreksi kalau salah). Bandingkan dengan Indonesia yang belum menembus angka 1 atau 2. Kategori ini adalah untuk buku yang dibaca atas kesadaran sendiri.

Alasan klasik yang dikemukakan atas fakta diatas selalu dikaitkan dengan kondisi ekonomi sehingga buku atau bacaan tidak dapat dijangkau dengan alasan ketidaktersediaan angggaran.

Alasan diatas tidak sepenuhnya benar karena kalau hanya faktor ekonomi yang menghambat maka sudah sewajarnya apabila seseorang akan mencari jalan dengan 1001 cara untuk mendapatkan informasi. Antara lain dengan membeli buku/majalah bekas, menjadi anggota suatu perpustakaan dll. Dalam hal ini kemauan adalah kekuatan yang utama.Tetapi dalam kasus di Indonesia, banyak kita temui bahwa lebih banyak uang yang kita habiskan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan dan sifatnya konsumtif. Membeli asesoris untuk pakaian, telepon genggam untuk sekedar "ngerumpi"dll sebagai contohnya. Sedangkan untuk membeli buku atau bacaan edukatif lainnya hampir tidak ada dana sama sekali.

Bagaimana kiranya saran dari rekan-rekan untuk menunmbuhkan kesadaran membaca setidaknya di lingkungan kita ( rumah, kantor, sekolah dll?? )

CONTACT DETAILS: Sidi Wirasmo, Spi
TELEPHONE:
ADDRESS: Taman Galaxy Blok U/42 Bekasi Selatan

SUBJECT :
Tekonologi disertai beramal
NATIONALITY:
indonesia
DATE LISTED:
05/05/2001
COMMENTS: Mari kita berpandai bahasa dan teknologi, tetapi perlu saya mengingatkan bahwa negara ini lagi dalam keadaan ekonomi yg tdk menentu. Banyak siswa kami yg kurang mampu, akibat dari situasi seakrang ini. Kita boleh saja memikirkan ttg teknologi dsb ttp kita perlu juga memandang anak-anak didik kita yg kurang mampu tsb.

Pada dasarnya saya bangga dengan acara/kegiatan ini, smoga tuhan bersama kita. Amien....

CONTACT DETAILS: ivan suseno,skom
TELEPHONE: (OPTIONAL)
ADDRESS: Randubango rt 26 mojosari mojokerto jatim

SUBJECT :
kualitas siswa SMU Muhammadiyah
NATIONALITY:
indonesia
DATE LISTED:
04/05/2001

COMMENTS: Saya tidak bisa memungkiri realita bahwa input siswa yang mendaftar menjadi siswa sekolah kami, SMU Muhammadiyah 6 Yogyakarta, dari segi prestasi akademik maupun prestasi lainnya seperti seni atau olah raga atau yang bersifat kreativitas sangat lemah. Sementara tuntutan kurikulum tetap harus terpenuhi, plus mata pelajaran yang menjadi ciri khas kemuhammadiyahan.

Dengan input yang begitu lemah, saya selaku pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, merasa sangat berat untuk mengejar target kurikulum. Jika semua pengajar di sekolah saya melulu mengejar target kurikulum dengan jumlah mata pelajaran yang jauh lebih banyak daripada di sekolah negeri, padahal input kapasitas siswanya sangat lemah, maka tak heran yang ada adalah kenakalan sebagai kompensasi rasa stress para siswa.

Mungkin hal ini juga dialami oleh hampir semua sekolah swasta, tetapi yang terjadi di lingkup sekolah Muhammadiyah, khususnya sekolah kami terasa lebih kentara dampaknya.
Melihat kondisi ini maka saya kira perlu segera adanya perubahan paradigma diantara para guru yang teraplikasi dalam penerapan methode maupun pendekatan pembelajaran.
Dalam penyampaian mata pelajaran Bahasa Inggris sendiri, meskipun saya sudah mengikuti penataran 3 kali, saya masih merasa kurikulum itu sangat berat diterapkan. Sebagai sebuah terobosan, bagi saya yang penting adalah terus menerus memotivasi para siswa untuk menyukai dulu Bahasa Inggris. Saya mencoba menggabungkan keempat skill (reading, writing, speaking dan listening) ke dalam bentuk permainan, membuat suasana kelas menyenangkan bagi mereka, yang harapan akhirnya citra bahasa Inggris yang jadi momok sedikit demi sedikit akan berubah.

Untuk kebijakan perguruan Muhammadiyah secara umum, melihat kondisi tersebut, maka sekolah Muhammadiyah harus fokus kemana siswa akan dibawa. Jika ke science maka siswa diajak supaya menyukainya. Sementara jika ke keagamaan, maka pola penyampaian pelajaran tersebut harus lebih menitikberatkan ke praktek sehari-hari. Sehingga siswa tidak dibebani keharusan memikirkan lebih dari 20 mata pelajaran.

Sementara sekian dulu yang bisa saya utarakan. Kebetulan saya temukan situs ini, jadi saya tidak membawa serta artikel berupa pemikiran sya tersebut tadi. Kepada siapa saja, saya mohon bantuan berupa tanggapan, kritikan atau komentar dari ungkapan hati saya di atas.

Terima kasih kepada pengelola situs ini.

CONTACT DETAILS: nurdin somantri, s.ag.
TELEPHONE: 0274 374970
ADDRESS: jl. kh. wakhid hasyim no. 16 yogyakarta


Topik-Topik Saran Sebelumnya di Halaman 1 (26/12/00 - 28/04/2001)

Kalau Anda ingin mengirim saran-saran ke Webmaster
mohon mengisi dan mengirim formulir di sini.

(To forward comments or suggestions to
the Webmaster please use this form.)