Pendidikan Network dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan perkembangan pendidikan dan sebagai sumber umum serta jaringan komunikasi forum bagi administrator sekolah, para pendidik dan para peminat lainnya.

 
Selamat Datang di Pendidikan Network
 

Nama saya Phillip Rekdale dan saya lulusan Universitas Griffith (tahun 1996) dengan Majors Keguruan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia tetapi karir asli saya di dalam bidang Elektronik dan Teknologi Pendidikan. Saya mencintai negera ini dan masyarakatnya dan saya berharap kita dapat berjuang bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Saya sudah bekerja di bidang Pendidikan dan Teknologi Pendidikan di luar negeri selama 22 tahun. Kebanyakan pengalaman saya di universitas dan perguruan tinggi lain seperti TAFE, juga 6 tahun di sekolah tingkat SD sampai SMU. Di Indonesia saya sudah sebagai consultan teknologi dan pengembangan sekolah 2 tahun di DepDikNas dan bergerak di bidang pendidikan sebagai konsultan di proyek-proyek pendidikan lain maupun sebagai Director of Studies di salah satu institut internasional.

Oleh karena saya lulusan jurusan Teknologi Pendidikan (Audio-Visual Media) di RMIT tahun 1982, yang sangat mendalami teori dan fungsi teknologi pendidikan dalam KBM, sejak itu saya sudah sangat memperhatikan isu-isu seperti bagaimana teknologi pendidikan dapat membantu KBM, maupun aplikasi teknologi yang tidak cocok atau gagal, dan dapat menurunkan mutu KBM.

Di website ini kita akan membahas banyak isu Pendidikan, Faktor Terkait Mutu Pendidikan, dan Teknologi Pendidikan. Tetapi di situs ini fokus utama adalah membahas topik-topiknya secara rialiti bukan teori.

Di negara maju isu-isu seperti efisiensi dan hemat anggaran untuk pendidikan tidak sebagai isu yang penting sekali seperti di Indonesia. Dan sumber-sumber selain guru, misalnya perpustakaan, adalah lengkap dan sangat mendukung pembelajaran secara mandiri.

Tetapi di Indonesia itu penting sekali bahwa kita belajar dari pengalamam di negara maju supaya kita tidak mengulangkan kerugiannya dan kita dapat maju secepat mungkin. Yaitu sangat penting bahwa semua anggaran pendidikan digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan keadaan di sekolah dan kampus, dan menghadapi isu-isu yang betul dapat meningkatkan mutu KBM.

Sejarah Pendidikan Network

Saya sudah mulai peduli mengenai pendidikan di Indonesia sejak saya tiba di sini pada tahun 1983. Tugas saya waktu itu termasuk mencari tenaga teknisi dan memberi latihan tentang teknologi belajar kepada teknisinya. Dari observasi umum saya dan pengalaman saya menginterview calon teknisi yang berpendidikan cukup tinggi 'kelihatannya' ada tiga hal penghambat pendidikan di Indonesia yang menurut saya sangat penting sebagai negara yang sedang berkembang; (1) Pendidikan di Indonesia tidak mengajak pelajar berpikir secara individu, menganalisa, atau mandiri (2) Sekolah kejuruan untuk middle-level (teknisi, tukang, sekretaris, dll) sangat kurang. (3) Pendidikan setelah sekolah dasar terlalu mahal untuk mayoritas masyarakatnya.

Di kantor dan di rumah saya sudah menggunakan komputer sejak awal tahun 1972 tetapi dulu komputer-komputer tersebut memang terlalu lambat dan terbatas sekali untuk berkomunikasi secara efektif (kecuali kalau dananya tidak terbatas). Baru beberapa tahun yang lalu kemampuan komputer personal mulai jauh lebih baik, dan bahan-bahan yang mulai muncul di Internet lebih menarik. Tetapi sebelum saya tiba lagi di Indonesia tahun 1998 saya mencari informasi mengenai pendidikan di Indonesia di Internet dan kelihatannya informasi (dlm Bahasa Indonesia) yang menguntungkan pendidik dan pelajar sangat kurang. Jadi sebelum saya tiba di Indonesia lagi tahun 1998 saya ingin menambah informasinya, tetapi bentuknya belum terpikirkan.

Telah menyelesaikan dua kali dinas bersama DEPDIKNAS dalam ranka (1) Language Technology Consultant and (2) School Development Consultant, yang jelas ada banyak pendidik dan kepala sekolah yang sangat peduli dan ingin meningkatkan kemampuannya dan profesionalisme. Juga banyak yang sudah melaksanakan sesuatu di sekolahnya yang boleh disebut hebat (sangat menguntungkan pelajarnya). Tetapi, masalahnya yang sangat merugikan negaranya yaitu pendidik-pendidik tidak memiliki sistem berkomunikasi yang efektif. Jadi pengalaman-pengalaman dan kemajuan di sekolah tertentu tidak disiaran dan tidak menguntungkan sekolah lain. Jadi saya merasa yang paling penting dulu yaitu membuat jaringan komunikasi - memberi kesempatan!

Homepage Sekolah Menengah (http://smun.net) merupakan homepage yang pertama yang diciptakan secara perorangan di tahun 1998. Pada akhir tahun 1998, setelah mencari lagi secara luas pada Internet segala sumber daya yang berhubungan dengan pendidikan di Indonesia, maka mulai jelaslah bahwa terdapat sedikit sekali informasi maupun materi yang bermanfaat bagi pendidik atau sekolah-sekolah di Indonesia. Amat banyak ditulis mengenai manfaat dan hebatnya Internet bagi pendidikan di Indonesia (Hype). Akan tetapi informasi yang sungguh bermanfaat bagi sekolah boleh dikata tidak ada di Internet. Dan yang lebih penting lagi, hampir tidak ada sama sekali kesempatan bagi para pendidik dan yang berminat terhadap pendidikan secara umum untuk berpartisipasi dan menyumbangkan tenaga bagi pengembangan pendidikan (via internet).

Di tanah air Indonesia, yang terdiri dari 17,000 pulau lebih, jalur komunikasi efektif dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan masih sulit. Pendidikan.Net telah terdaftar pada tahun 1999 karena dianggap sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat secara umum untuk berpartisipasi melalui internet dalam pengembangan pendidikan secara adil dan merata. Pencipta Pendidikan.Net yang telah menyaksikan pengembangan yang cukup pesat di berbagai sekolah melalui proses self-empowerment (pemberdayaan diri), percaya bahwa mutu pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan dengan cepat dan secara signifikan bilamana sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang sudah terdapat di Indonesia dimanfaatkan penuh. Melalui di-desentralisasinya pendidikan dan program pelaksanaan School-Based Management atau SBM (yaitu, manajemen berbasis sekolah [MBS]) maka kesempatan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia akan bertambah besar. Akan tetapi, semua ini hanya bisa efektif jika suara masyarakat pendidikan secara luas didengarkan dan kemandirian masyarakat secara luas pula dapat dicapai.

Selama 14 tahun Jaringan Pendidikan Network sudah sebagai salah satu sumber informasi untuk yang ingin mengembangkan mutu pendidikan. Situs-situs pada awal adalah:

Sekarang, pada akhir tahun 2011 kami mempunyai lebih dari 150 website, dan pada awal tahun 2012 kami akan membuat 4 situs baru (Pusat Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Sekolah) PusDikBud.Com, .Net, .Org, dan http://PusDikBud.Info (Informasi Jejaring Pendidikan Network) yang akan sebagai indeks untuk informasi pendidikan dan sumber-sumber informasi dan bahan pelatihan untuk Sekolah dan Guru-Guru yang ingin menjadi Guru Yang Bermutu.

Prasarana Internet dan Sekolah

Jelaslah bahwa salah satu masalah dalam mempergunakan internet bagi pengembangan pendidikan di Indonesia adalah kurangnya prasarana (terutama di berbagai propinsi). Dari sejumlah contoh yang diperoleh dari beberapa sekolah yang melaksanakan pengembangan diri sendiri di Indonesia maka nyata sekali bahwa jalan satu-satunya yang paling efektif untuk mencapai prasarana secara kesinambungan dan pertumbuhan secara merata adalah melalui suatu sistem pelaksanaan di sekolah-sekolah yang berdasarkan MBS yang efektif. Sudah dapat dilihat dari masa lampau bahwa pengadaan fasilitas dari pusat seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah-sekolah secara umum, tidak dapat bertahan lama disebabkan jarak yang sangat jauh dengan pusat pelayanan, dan acapkali pula telah dilaksanakan baik tanpa dukungan penuh dari daerah maupun persiapan yang cukup. Jaringan Pendidikan. Net telah dibuka di:

E-Pendidikan.Com menjelaskan proses dasar (yang konsisten dengan MBS) untuk memperoleh fasilitas komputer dan internet di sekolah. Juga dibahas berbagai kenyataan yang berhubungan dengan masalah-masalah belajar/mengajar dan cara ekonomis dalam pemakaian internet (terutama bagi sekolah-sekolah di Indonesia). Isinya E-Pendidikan.Com akan terus ditingkatkan dan anda dapat menemukan banyak petunjuk bermanfaat bagi pengguna internet.

Tantangan dan Diskusi

Di Indonesia ada banyak tantangan terhadap perkembangan pendidikan dan salah satu yang sangat penting adalah korupsi. Korupsi tidak hanya mencuri anggaran negara masa kini, tetapi karena korupsi sangat merugikan perkembangan pendidikan, penghasilan negara untuk generasi-generasi di masa yang akan datang juga sangat dirugikan. Kami menyediakan kesempatan membahas masalah-masalah pendidikan dan korupsi di situs:
Aspirasi.US dan Korupsi.Org.

Peran Pendidikan.Net / Peran Masyarakat

Pendidikan.Net

  • Untuk menyediakan dukungan secara kesinambungan bagi partisipasi masyarakat (yaitu suara, artikel, forum dsb.)
  • Untuk menyediakan pendaftaran on-line bagi peserta dari berbagai sektor pendidikan di Indonesia supaya saluran komunikasi dapat dibuka.
  • Diharapkan bahwa pendaftaran on-line dapat memberi kesempatan bagi pihak yang berminat untuk berkomunikasi dan membentuk grup sendiri yang seminat dan yang dapat bertindak (action group).

Masyarakat Indonesia
  • Sampai sekarang, kebanyakan peminat Pendidikan.Net merupakan mereka yang hanya mencari informasi saja (sangat pasif). Proses itu (yaitu, mencari/menunggu petunjuk) akan bersifat memperpanjang keadaan yang kurang efisien dari masa lampau. Jika pendidikan di Indonesia benar-benar akan ditingkatkan, maka kita harus bekerja sama dan harus aktif dalam mengambil peranan. Anda sendiri dapat berperan dalam menentukan arah pendidikan di negeri ini di masa depan (pendidikan ini adalah milik Anda dan milik anak Anda!).

  • Di Pendidikan.Net, Anda bisa mendaftarkan diri, berpartisipasi di forum, mengirim artikel untuk situs Pendidikan.Net, memasang pengumuman, mendaftarkan nama untuk menerima informasi (yaitu, melalui mailing list), mendaftarkan alamat e-mail sendiri dsb.

Pendidikan Network diciptakan bagi semua yang peduli pada pendidikan di Indonesia. Penciptanya sering menganggapnya sebagai PNI - Perjuangan (Pendidikan Network Indonesia - Perjuangan) oleh karena masih mengurus tujuh situs sendirian, mencoba mengupdate setiap hari, dan dananya sangat terbatas. Pendidikan.Net sebagai life-long proyek tetapi bentuknya akan ditentukan oleh kebutuhan and keinginan Anda di lapangan. Perlu diketahui pula bahwa Pendidikan.Net akan tetap bebas dari berbagai pengaruh bisnis, dan sekarang dibiayai 100% secara perorangan. Maksud tujuan Pendidikan.Net akan tetap untuk memberi kesempatan bagi semua yang ingin bersuara untuk menentukan masa depan pendidikan di Indonesia!

Phillip Rekdale
Konsultan Pendidikan dan Teknologi
(Jakarta)

Pendidikan Bermutu

Pendidikan Kelas Dunia


Metodologi Bermutu

Metodologi Indonesia


Bertaraf Nasion'l

Sekolah Bertaraf Nasional Indonesia


Jantung Sekolah Anda?

Perpustakaan Sekolah


Pelajaran Berbasis-ICT?

Ilusi atau Solusi
Ilusi Atau Solusi


Situs-Situs Lain Kami

Sains.TV
TV Pendidikan
E-Pemerintah - Menuju E-Government
Mad Scientist
Pojok SiswaPojok Guru
Pojok KepsekPojok TU


CONTOH METODOLOGI

SMPN 2 Jalancagak Bangun Lingkungan Belajar
Menuju Perubahan yang Berkelanjutan
Program 'Better Teaching and Learning' (BTL)
Manajemen Sekolah dan Pengembangan Profesional Guru
Dampak Program BTL Nampak Jelas di Sekolah Mitra
Pencapaian DBE Agar Diteruskan
Buah Manis dari Pembelajaran IPA yang Bermakna
MTs NU Al-Hidayah Kudus Menyongsong Perubahan sebagai Budaya
SIMULATION: Atasi Siswa yang Pasif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Sekolah Gudang Prestasi
Sekolah di Grobogan Menunjukkan Keunggulan
Sekolah yang Menginspirasi
Sekolah Menerapkan Inovasi Secara Rutin
Melembagakan dan Meratakan Dampak DBE3
Mandiri dan Berinisiatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Speaking Through The Vocamino Game
Menonton Film Bisu untuk Membuat Naskah Drama
Manfaatkan Mini Market sebagai Sumber Belajar
Menginspirasi Guru untuk Maju
Siapapun yang Memimpin SMPN 2 Musuk

Pendidikan Luar Negeri


Enter University


Baca Berita Setiap Hari

Salah satu tujuan Pendidikan Network adalah membantu Pelajar dan Guru di Indonesia untuk mencari informasi mengenai Perkembangan Pendidikan. Kebiasaan Membaca adalah isu yang sangat penting dan Kami memasang berita baru di website ini dengan tujuan membantu tetapi itu sangat penting bahwa anda membaca berita secara luas setiap hari. Coba membaca beberapa artikel setiap hari:

Media Indonesia News and Views
Kompas.Com
Republika Online
Suara Pembaruan

Harian Komentar
detikNews Situs Warta Era Digital
Web.Bisnis.Com
TheJakartaPost.Com


Belajar Penerbangan

Pendidikan Penerbangan

E-MajalaH Online

E-MajalaH Online

Chat dan Saran Anda


Seorang Aktivis HAM


Selamat Jalan Pak Munir!